Selasa, 23 Agustus 2016

Guru Berprestasi I Nengah Suwarbawa


Satu di Provinsi, dua di Nasional, di tengah hiruk pikuk acara Jembrana Festival 2016 di Jembrana, ternyata seorang Guru SMK asal Kelurahan Dauhwaru, Jembrana, meraih prestasi membanggakan, tidak saja bagi dirinya sendiri dan sekolah, tetapi juga mengharumkan nama Jembrana di Provinsi Bali dan Indonesia.
I Nengah Suwarbawa, pria kelahiran Dauhwaru 39 tahun lalu ini berhasil sebagai juara satu Guru SMK Berprestasi dalam ajang kompetisi Guru SMK Berprestasi Tingkat Provinsi Bali. Dari prestasi yang diperolehnya itu Suwarbawa yang akrab disapa Boncel, selanjutnya diutus ke Jakarta untuk mengikuti kompetisi tingkat nasional sejak tanggal 12 sampai 19 Agustus 2016.
Selain berkompetisi, Boncel juga diundang khusus menghadiri Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Istana Negara. Dari kompetisi tingkat Nasional yang diikuti oleh Guru SMK terbaik dari 32 provinsi, Suwarbawa kembali menorehkan prestasi luar biasa dan membanggakan Jembrana dengan meraih prestasi juara dua nasional.
Boncel yang sehari-harinya mengajar di SMK Negeri 3 Negara ini menuturkan, sejumlah item yang menjadi penilaian dalam lomba tersebut meliputi, portofolio, psikotes, tes tulis empat kompetensi guru, interview, presentasi karya ilmiah dan visitasi langsung dari dari penguji ke sekolah.
“ Saya punya tekad untuk berprestasi, dengan menyiapkan kriteria yang dipersyaratkan “ ujar Suwarbawa. Menurutnya, prestasi yang diraihnya ini, tidak terlepas dari dukungan keluarga, bantuan teman dan sahabat. Istri Suwarbawa, Made Yogi Ayu Padmawati yang juga seorang guru SD, memberikan dukungan penuh selama suaminya (Suarbawa) menjalani tahapan lomba.
Tekad Suarbawa untuk meraih prestasi sudah ia tanamkan sejak awal mengikuti lomba. Ia mengaku semangat untuk selalu meraih prestasi ia peroleh dari pendidikan kepramukaan yang pantang menyerah menghadapi tantangan.

Ayah dari dari dua anak ini mengungkapkan kebanggaannya sebagai warga Jembrana. “ Prestasi inilah yang mampu saya berikan kepada Jembrana, sebagai bukti bahwa orang Jembrana mampu bersaing di provinsi bahkan di nasional, terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu saya “ kata Suwarbawa. Ia berharap, kedepan ada guru yang mampu meraih prestasi tertinggi di nasional bahkan bila perlu sampai tingkat internasional. (02.hmj).

0 komentar:

Posting Komentar

Web Links

MEDIA SOSIAL

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More